Sabtu, 28 April 2012

BESARAN DAN MASSA JENIS ( FISIKA )

A. BESARAN


1. besaran pokok : dalam sistem internasional (SI), terdapat tujuh buah besaran pokok dan nama satuannya...
















2. besaran tambahan : besaran tambahan dalam satuan internasional adalah sebagai berikut.







B. BESARAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


1. satuan panjang :
satuan panjang adalh meter. panjang satu meter diukur pada sebatang platina iridium. jarak antara dua goresan pada batang platina iridium yang bersuhu 0derajatC ditetapkan sebagai meter standar. ukuran 1meter sama dengan 1650.763,73 kali panjang sinar jingga yang dipancarakan atom gas kripton 86 dalam ruang hampa pada suatu muatan listrik. satuan panjang lainnya yang diturunkan dari satu meter adalah sebagai  berikut :




                                                           meteran standar dari platina iridium


2. satuan massa :
satuan massa adlah kilogram. satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder platina iridium. massa 1 kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4derajatC. satuan massa lainnya adalah sebagai berikut.


3. satuan waktu :
satuan waktu adlah sekon. satu sekon adalah waktu yang diperlukan atom Cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali. alat untuk mengukur waktu adalah stopwatch.


C. MASSA JENIS


massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa jenis volumenya. massa jenis rata-ratasetiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. sebuah benda yang memiliki volume yang lebih rendah dari pada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah ( misalnya air ). satuan SI massa jenis adalah (kg/m3). massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. setiap xat memiliki massa jenis yang berbeda. suatu zat, berapapun massa dan volume, akan memiliki massa jenis yang sama. adapun rumus untuk menentukan massa jenis adalah sebagai berikut :












satuan massa jenis dalam CGS ( centi-gram-sekon ) adalah gram per sentimeter kubik / g/smkubik. 1g/cmkubik = 1000 kg/mkubik. massa jenis air murni adalah 1g/cmkubik / 1000kg/mkubik. selain karena angkanya yang mudah diingat dan mudah dipakai untuk menghitung, massa jenis air dipakai perbandingan untuk rumus ke-2 menghitung massa jenis, atau yang dinamakan massa jenis relatif. rumusnya adlah sebagai berikut :

MASSA JENIS RELATIF : massa bahan / massa air yang bervolume sama


                                           













Tidak ada komentar:

Posting Komentar